PRESS CONFERENCE

PRE EVENT PRESS CONFERENCE

KONPERENSI PERS SERU

PERANG BINTANG BAKAL TERJADI

Grand Tamaro, Terminal Sosor Saba Parapat, Jumat 23 September 2022

Momen konperensi pers Danau Toba Rally APRC 2022 yang diselenggarakan pada hari Jumat siang (23/09/22) di Grand Tamaro Terminal Sosor Saba Parapat berlangsung seru karena dijadikan ajang yang mulai memicu pertarungan diantara para pereli nasional. Para pereli saling melontarkan gurauan yang bernuansa menantang, bakal terjadi perang bintang yang cukup seru di 12 lintasan special stage Danau Toba Rally pada 24-25 September 2022.

Sembilan pereli diundang pada acara jumpa pers, yakni Ijeck, Harun Nasution, Sean Gelael, Subhan Aksa, Ryan Nirwan, Karamjit Singh, Rifat Sungkar, H Putra Rizky, dan pereli wanita Qanita Syahshiyah.

Pereli Jagonya Ayam, Sean Gelael, menjadi orang pertama yang memulai suasana pertarungan melalui komentarnya yang mengungkit serta membandingkan prestasi dan kendaraan antara Rifat Sungkar (Mitsubishi Xpander Rally Team) dan Ryan Nirwan (Toyota Gazoo Racing). "Sang jendral (Rifat) ini gak pernah lawan muridnya (Ryan), memang Ryan Nirwan putaran lalu juara tapi Rifat jebol (mesin mobilnya) kan….. Bagaimana tahun ini kita bisa melihat Toyota Gazoo Racing melawan Mitsubishi Motors, …..dan insya Allah kalian push all out, jadi kita yang bisa menang, gitu," kata Sean.

Sambil tertawa, langsung dibalas Rifat dengan menyatakan bahwa dirinya dan Ryan hanya punya target yang sama, yaitu menghalangi Sean agar gagal juara di reli kali ini. "Memang gue dan Ryan beda merek mobil, tapi target tetap Sean Gelael. Behind the scene kan kita berteman, tapi yang seru kan perangnya. Tapi, driving wise, gue berharap banget Ryan bisa nyusul gue. Karena gimana pun juga, umurnya dia gak bisa nyusul gua. Tapi mudah-mudahan nyetirnya bisa nyusul gua. Gitu aja harapannya" tangkis Rifat.

Sean kelihatan tidak sabaran dan langsung membalas tangkisan Rifat itu dengan mengatakan bahwa target Rifat untuk mengalahkannya adalah mimpi. "Berarti perang media, mau ngejer gue boleh, tapi mimpi jangan terlalu jauh mimpinya," kata Sean yang langsung disambut oleh gelak para awak media peliput, sebahagian peserta dan hadirin yang ada di ruangan pre-event press conference.

Ryan mencoba menurunkan suasana yang menghangat dengan pernyataan bahwa mereka hanya menjadi musuh saat balapan, di luar lintasan mereka tetap berteman akrab. "Pertanyaan saya sebenernya cuman satu sih, beli kompornya di mana Sean? Namanya kompetisi pasti semuanya jadi lawan, termasuk Sean. Tapi kalo udah begini kita ngalah. Paginya perang, malamnya party bareng," kata Ryan diplomatis.

Danau Toba Rally APRC 2022 memang bakal menawarkan persaingan ketat antara para pereli ternama. Sean Gelael yang menjadi juara umum Reli Nasional 2021 bakal menghadapi Subhan Aksa (juara Reli Nasional 3 kali) dan Rifat Sungkar (juara Reli Nasional 2 kali). Ryan Nirwan sendiri merupakan juara umum Reli Nasional putaran satu yang juga berlangsung di Danau Toba pada awal Agustus lalu. Belum lagi ada Ijeck yang lebih siap dengan menggunakan mobil barunya, yakni Skoda Fabia.

Reli kali ini dipastikan bakal seru karena diikuti oleh 65 peserta, melebihi kuota awal 60 peserta yang disediakan panitia. Danau Toba Rally APRC 2022 yang dimulai pada Sabtu (24/9) dan Minggu (25/9) diikuti oleh pereli asal Malaysia Karamjit Singh dan co-driver Jagdev Singh, serta sejumlah co-driver asing seperti Hugo Magalhaes (Portugal), Rony Maroun (Lebanon), dan Benjamin Searcy (Australia).